Posted by : Unknown Monday 27 May 2013

Dalam tulisan ini saya ingin memberi sedikit tips untuk memaksimalkan hasil jepretan menggunakan kamera ponsel.

Banyak bermunculan EO -EO membuat para pengguna sosial media seperti facebook khususnya para ibu berlomba-lomba untuk mengikutsertakan buah hatinya diberbagai ajang kontes foto. Hal ini akhirnya dapat memacu kreatifitas para ibu dalam hal mengambil gambar buah hatinya. Jepret menjepret menjadi aktifitas rutin bagi para ibu yang hobi mengikutsertakan buah hatinya dalam kontes. Untuk para ibu , ingin sekali jika buah hatinya terlihat begitu lucu, unik dengan berbagai pose dan aksesori yang menarik. Tentu saja ini salah satu yang bisa menarik perhatian juri. Banyak pada akhirnya para ibu lebih memilih untuk menggunakan jasa fotografer atau justru membeli kamera keren yang harganya bikin alis mengkerut.

Sebenarnya mudah saja bagi para orang tua khususnya para ibu yang ingin agar foto anaknya terlihat menarik dengan fasilitas yang minim. Karena tidak semua ibu-ibu memiliki atau rela mengeluarkan modal besar hanya untuk keperluan lomba anaknya. Kalau dihitung-hitung biaya jasa fotografer mulai Rp. 300.000,- sekali sesi pemotretan. Dan biaya membeli kamera antara Rp. 900.000 - belasan juta rupiah. Bukan hal yang murah bukan.

Nah untuk menyiasati hal tersebut, yuk simak tips berikut.
Tidak perlu kamera mahal untuk menciptakan momen indah dalam sebuah foto. Sekarang ini sudah menjamur ponsel-ponsel dilengkapi dengan kamera yang mumpuni. Nah siapa sekarang yang tidak punya ponsel berkamera? Jadi maksimalkan yang ada ! itu kuncinya.

yang diperlukan :

KAMERA PONSEL MINIMAL RESOLUSI 3 MP
untuk hasil yang maksimal minimal resolusi sensor kamera yaitu 3mp. Hal ini diperlukan agar bit warna yang dihasilkan tidak pecah,karena biasanya foto yang diikutsertakan lomba akan digunakan untuk iklan sebuah produk dan otomatis akan di edit ulang ataupun diberi sentuhan akhir, tentunya kita tidak ingin kan, foto kita yang berkualitas pas-pasan akan semakin turun kualitas warnanya ?
Dan memang biasanya sebuah brand yang mengadakan lomba juga memberi kriteria khusus untuk jenis kamera yang digunakan minimal harus 3 mp. Tapi kalaupun tidak disyaratkan ( minimal resolusi yang digunakan)  masih bisa kok pakai ponsel kamera dengan resolusi 1,3 atau 2 mp, rahasianya ada dibawah ini..

tips agar mendapat momen yang bagus saat memotret :

1. Tempat terbaik adalah diluar ruangan alias outdoor. atau kalau harus di dalam ruangan, gunakan ruangan yang bercahaya lebih. karena pada prinsipnya, semua kamera hanya akan menangkap cahaya yang masuk melalui lensa kecilnya, selebihnya, prosesor graphiclah yang meng-handle.

2. Memotretlah dari arah dimana sumber cahaya (jangan sekali-sekali menantang arah datangnya sumber cahaya ). Karena jika kita menantang arah sumber cahaya, yang ada gambar terlihat gelap karena kamera berada pada 'area bayangan'. Jika ingin mendapatkan kesan cahaya dalam foto bisa atur posisi kita saat memotret mungkin agak minggir dikit ( tidak terlalu membelakangi cahaya /sinar matahari ).

3. Khusus outdoor potography tanpa bantuan sinar  lampu kilat, pilihlah waktu yang pas untuk memotret ( antara jam 7.30 pagi atau jam 16.00 ). Hindari cuaca mendung, karena akan percuma walaupun memaksa memotret pada kondisi seperti ini hasilnya pasti burem hehe.

4. Pilih background yang keren, seperti papan kayu, dedaunan atau bahkan batu-batuan agar terlihat artistik atau bahkan polos jika nantinya diperlukan untuk proses pengeditan.

5. Pastikan objek foto dalam keadaan happy (manusia)  secara natural. Agar saat diprotret momennya jadi hidup. Dan jangan lupa siapkan terlebih dahulu properti yang akan digunakan dalam foto tersebut ( misal : produk dari brand tertentu ).

6. Oiya,rata-rata kelemahan kamera ponsel adalah tidak bisa digunakan untuk memotret benda bergerak. Jadi harus ekstra sabar, komunikasikan dengan baik dengan model agar tidak bergerak selama pemotretan agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

7. Jika diperlukan editing. Editlah bagian background dengan software photoshop atau sejenisnya dengan menggunakan tool blur agar didapatkan kesan blury, hasil yang menyerupai jepretan kamera profesional. Mungkin juga bisa diedit brightness contrasnya agar terlihat lebih terang dan juga croping agar foto lebih fokus dan seimbang antara sisi kanan-kiri, atas -bawahnya.

8. Ok. selamat mencoba.










Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

post teratas

owner & author

follow my twitter

badge

LuVe Litee photo badge_luve_zps4efbf3ce.png
roemahrenabee. Powered by Blogger.

- Copyright © roemah renabee - Metrominimalist - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -